Windows XP tidak bisa Connect WiFi

Sebenernya artikel yang ini sama dengan tulisan yang saya buat disini

Kemarin saya kedatangan seorang teman yang menanyakan masalah error di windows xp-nya lantaran tidak bisa connect wifi-nya. Setelah usut punya usut, melihat dari pesan errornya yang muncul seperti dibawah ini :

“Windows is unable to connect to the selected network. The network may no longer be in range. Please refresh the list of available networks and try to connect again.”

artinya kurang lebih : “Bahwa windows tidak bisa melakukan koneksi pada jaringan tersebut dikarenakan (mungkin) tidak lagi berada dalam jangkauan. Silahkan refresh dan coba lakukan koneksi lagi.”

Kemudian pesan itu tetap muncul setiap kali mengklik tombol Connect, padahal sinyal yang didapatkan dalam status Strength (full).

Tanya kenapa?
Ini karena tidak tersedianya feature security yang sesuai dengan ketentuan di Wireless Router. Windows XP, secara default hanya menyediakan dua jenis type security wireless, yaitu WPA dan WPA-PSK. Sehingga, jika security yang anda tentukan di router adalah WPA2, maka tentu saja windows xp menganggap tidak menjangkau jaringan tersebut (walaupun sinyal terlihat full) atau bahasa windows biasanya mengatakan “may no longer be in range”.

Lantas, apakah windows xp-nya bermasalah ?, apakah driver-nya bermasalah, atau mungkin hardware-nya bermasalah ?, jawabannya tidak!

Perlu diketahui bahwa WPA2 itu diciptakan setelah windows XP beredar. Jadi, sangat wajar jika Windows XP belum memasukkannya dalam feature wireless yang tersedia. Solusinya, saya sarankan teman saya untuk mendownload file update dari situs resminya langsung. Untuk mempercepat pencarian, sebaiknya masuk ke google dan ketik “WPA2 update site:microsoft.com”. File yang harus didownload adalah KB893357.exe.

 

Thanks to misnozone.blogspot.com

Tentang belokibado251191

Tamatan dari: Sma ESSA SENIOR Teulale Baucau dan SMAN No.02 Vila Nova Baucau sekarang masih menjelang kuliah di Instituto Professional De Canossa Dili Timor Leste fakultas Technology Computer.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s