Tips Mudah Menghindari dan Menghapus Semua Virus Windows

Tips Mudah Menghindari dan Menghapus Semua Virus Windows

Virus windows seperti tidak ada habisnya. Walaupun antivirus sudah terinstall di komputer, entah itu antivirus premium seperti kaspersky atau yang gratis itu tak ada bedanya, masih saja virus bisa bersarang di laptop atau komputer kesayangan kita. Ada beberapa orang yang memasang antivirus lebih dari dua karena persepsi mereka jika antivirus yang satu tidak mendetect maka diharapkan antivirus ke dua, ketiga dan seterusnya dapat mengenalinya. Tapi cara itu keliru karena hanya akan membebani memory saja. Dan jika tidak tau cara penggunaannya masih saja virus dapat menjangkit. Saya memang bukan ahli dibidang virus namun kali ini saya ingin berbagi sedikit tips cara agar komputer tidak mudah terjangkit virus dan cara membasminya jika sudah terlanjur terkena virus berdasarkan pengalaman yang saya temui dilapangan. Tingkat posting ini untuk pemula dan menengah :)

Virus komputer tidak lahir sendiri dan Virus tidak berbahaya selama tidak ada eksekusi.
Virus tidak lahir dengan sendirinya namun virus adalah sekumpulan coding jahat yang telah dibuat dengan sengaja oleh seseorang yang biasanya mempunyai tujuan tertentu. Virus akan sampai ke komputer kita pasti memerlukan media seperti flashdisk, LAN, Internet, CD, Bluetooth, HD External, dan media lain yang memungkinkan pemindahan data. Jadi tugas pertama kita yaitu memperhatikan dan mencurigai semua media tersebut sebelum terhubung dengan komputer. Caranya sederhana

– Jika Flashdisk, HD External, CD/DVD :

  1. Matikan Autorun komputer, setelah itu sesaat setelah USB tercolok jangan dulu membuka USB dengan alasan apa pun sebelum men-scan USB tersebut dengan antivirus terupdate yang kita percayai.
  2. Jika terdetect ada baiknya pilih delete, tapi jika kita ragu karena ada data penting kita bisa pilih Quarantine. (Jangan takut data atau file hilang setelah scan karena biasanya virus hanya menyembunyikan file asli dan memunculkan virus dengan nama file kita)
  3. Setelah scanning selesai baru kita buka dan cek apakah ada data yang hilang atau tidak.. Jika ya ?? munculkan data tersebut dengan perintah CMD attrib -R -H -S .\*.* /S /D atau untuk lebih mempermudah bisa mendownload file bat dibawah ini lalu jalankan di root USB.
    Download Hidden.bat

  4. Jangan pernah abaikan peringatan dari antivirus saat ia mendeteksi adanya virus karena itu penyebab utama komputer terjangkit virus padahal antivirus sudah terpasang. biasakan pilih qurantine jika nama dari virus tersebut sama dengan data penting kita.

– Jika Internet & LAN

  • Aktifkan Firewall
  • Pastikan Folder yang di share tidak full akses. Kita memang dibutuhkan, usahakan hanya full akses hanya saat dibutuhkan, dan matikan kembali sesudahnya
  • Hindari situs Porno, Crack, keygen atau download software bajakan karena biasanya banyak script jahat bahkan virus tersebar disana
  • Jangan asal klik link yang tidak tau asal dan tujuannya (contoh: link di chat facebook)

Dan jika sudah terlanjur terkena virus maka antivirus biasanya sudah tidak berdaya.. untuk itu kita perlu membasmi virus dengan cara lain.

Cara Menghapus Semua Virus di Komputer

Disini saya akan menggunakan Dr.Web LiveCD

1.Download Dr.Web LiveCD dengan cara mengklik link dibawah ini lalu buring ke cd

Download Dr.Web LiveCD

2. Setting CDRoom menjadi default Boot

3. Masukan CD hasil burning tadi ke cdroom lalu restart komputer

4. Pilih Dr.Web Live CD (default)

5. di Control Center kita klik scanner >> Pilih Drive yang ingin kita scan. Pilih Full Scan lebih baik

6. Klik Begin the scan lalu tunggu proses scan selesai. Membutuhkan waktu cukup lama tergantung kemampuan komputer dan banyaknya data

7. Jika terdapat virus maka akan muncul di list. Kita dapat memilih aksi Cure, Quarantine atau remove.

8. Jika selesai kita kembali ke desktop dan klik kanan lalu exit.

9. Pilih Restart dan selesai :)

Jika ternyata windows error setelah scan, kemungkinan virus telah bergabung dengan file penting windows. Solusinya kita dapat merepair dengan CD Installation Windows yang kita punya.

Ok sekian posting kali ini semoga membantu dan bermanfaat.

salam sobat ebenk789

Tentang belokibado251191

Tamatan dari: Sma ESSA SENIOR Teulale Baucau dan SMAN No.02 Vila Nova Baucau sekarang masih menjelang kuliah di Instituto Professional De Canossa Dili Timor Leste fakultas Technology Computer.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s